Pengantar   |   Geografi   |   Suku Bangsa   |   Fauna   |   Flora   |   Lingkungan   |   Inggris

LEMUR MADAGASKAR


Lemur ekor cincin di Madagaskar.
Lemur adalah kelompok primata yang hanya ditemukan di Pulau Madagaskar. Saat ini ada sekitar 60 jenis lemur yang hidup di hampir setiap habitat di seluruh pulau ini. Sayangnya, karena perusakan hutan dan perburuan, banyak lemur terancam punah. Beberapa dari lemur yang paling dikenal misalnya:

Aye-aye
Aye-aye adalah salah satu hewan yang paling aneh di dunia. Lemur nokturnal (aktif pada malam hari) dan penyendiri ini terlihat seakan-akan seperti dibentuk dari berbagai macam hewan. Aye-aye menyerupai kucing rumah besar, tetapi memiliki wajah ferret atau cerpelai, telinga seperti kelelawar yang mampu berputar sendiri, gigi yang terus tumbuh seperti pada tikus, mata kuning yang menyorot tajam, dan tangan hitam dengan jari tengah seperti tulang yang mengingatkan pada ranting mati. Aye-aye menggunakan jari tersebut untuk menemukan larva serangga yang bersembunyi di dalam kulit pohon, biji-bijian, atau buah. Sementara memanjat cabang sebuah pohon, aye-aye mengetuk-ngetuk kulitnya sambil mendengarkan apakah ada rongga di dalamnya. Ketika mendengar sesuatu yang bisa membangkitkan selera makan dari balik permukaan kulit kayu, aye-aye menggerogoti kayu yang menutupinya untuk mendapatkan hadiah yang dicari. Saat ini aye-aye terancam punah karena perburuan dan kerusakan habitat tempat hidupnya. Di beberapa daerah, penduduk setempat meyakini bahwa aye-aye membawa nasib buruk dan akan membunuh hewan itu kapan pun mereka menemukannya.


Indri lemur

Verreaux's sifaka

Ringtailed lemur

Mouse lemur

Lepilemur


Indri
Indri adalah lemur terbesar yang masih ada. Berwarna hitam dan putih, indri terkenal karena raungan menakutkannya yang terdengar agak mirip dengan nyanyian paus bungkuk. Indri memakan buah dan daun-daunan yang ada di dalam hutan hujan di bagian timur Madagaskar. Saat ini indri terancam punah karena kerusakan habitat tempat tinggalnya.

Sifaka Verreaux
Sifaka Verreaux (atau sifaka putih) tinggal di hutan kering di bagian timur dan selatan Madagaskar yang menyediakan bunga, buah, dan daun-daunan makanannya. Sifaka cukup vokal dengan berbagai macam teriakannya, tetapi paling dikenal sebagai "lemur penari" karena caranya melompat-lompat ketika melintasi tanah terbuka. Sifaka tidak berjalan merangkak, tetapi berjalan melompat dengan kedua kakinya sambil mengangkat kedua tangannya tinggi-tinggi.

Lemur ekor cincin
Lemur ekor cincin adalah lemur yang paling dikenal. Lemur ekor cincin hidup di hutan kering di bagian selatan dan barat Madagaskar tempatnya memakan buah, bunga, daun-daunan, dan kulit pohon.

Lemur tikus
Lemur tikus adalah primata kecil yang bisa ditemukan di berbagai daerah di Madagaskar. Memakan serangga, hewan bertulang belakang ukuran kecil, buah, dan bunga, hewan nokturnal ini dikenal karena suaranya yang menciak atau mencicit dan aktivitasnya yang gaduh. Lemur tikus kerdil (Microcebus myoxinus) mungkin adalah primata terkecil di dunia. Lemur tikus sedang diteliti kemungkinannya untuk mengobati penyakit Alzheimer.

Lemur cerpelai atau sportif
Ada tujuh spesies lemur sportif (Lepilemur) yang telah diketahui, dan tidak ada yang sportif atau terlihat seperti cerpelai. Pada siang hari, kamu bisa sering melihatnya tidur di lubang pada batang pohon. Pada malam hari, hewan ini aktif dan cukup vokal.



< halaman sebelumnya | Beranda | halaman selanjutnya >

halaman 8 dari 25

Diterjemahkan oleh Christian A.



WildMadagascar | Fotos

© Rhett A. Butler / wildmadagascar.org 2004-2018